Powered by Blogger.

BENTURAN DAN KECERDASAN



Yo, selamat malam pembaca yang membaca. Akhirnya gw bisa ngepost setelah sekian lama ‘dipaksa’ ngerapiin laman ini oleh Asep, dia memang serangga...

Karna ini post pertama gw, jadi gw mau bahas suatu topik yg diawali dari huruf pertama: ‘A’. Ya, gw mau bahas  tentang ‘A Fenomena Orang yang Tiba-tiba Cerdas Setelah Kepalanya Terbentur’. Itu ‘A’-nya apaan ?  yah, begitulah kalo terlalu memaksakan. Oke, kembali ke topik, alasan gw milih topik ini karna gw dari dulu lihat/tau beberapa orang di sekitar gw yang menurut kabar-kabari mereka cerdas setelah kepalanya terbentur, mungkin lu baru denger dan gak percaya ada orang kayak gitu, tapi emang beneran ada, dan gobloknya banyak orang yang nganggep itu keberuntungan lalu bilang sesuatu seperti “Gw rela dah kebentur berkali-kali asalkan otak gw encer kayak si Budi peringkat satu di kelas sebelah !”. Yaelah bro, coba aja benturin palingan lu amnesia...

Sejujurnya mungkin gw agak tertarik dengan hubungan antara kepala terbentur dan kecerdasan, ya mungkin, karna gw dulu juga pernah ngerasain rasanya kepala kebentur trus tiba-tiba otak gw jadi encer dalam jangka waktu tertentu dan di lain kesempatan kepala gw kebentur lalu kepala gw susah mikir (kayak blank gitu) untuk beberapa minggu, lalu kebentur lagi dan bisa mikir normal lagi.

Mengenai hubungan kepala terbentur dengan kecerdasan gw emang bukan ahli otak atau saraf jadi gw gak tau pemikiran gw ini punya kans bener atau enggak, ehmm atau lebih tepatnya ini cuman pendapat ngaco dari gw, tapi gw harap lu mau dengerin gw dulu :

Kalo diinget-inget dulu pas gw masih sd, gw sangat hiperaktif dan nakal. Lebih-lebih kalo di rumah, dulu malah gw anggap rumah itu taman bermain dimana gw bisa lompat, lari-lari, maen bola sesuka gw (mengenai kenapa gw maennya di rumah, karna dulu gw agak introvert untuk maen sama temen-temen di sekitar rumah, tolong abaikan keterangan ini). Rumah gw dulu terbilang sempit buat ‘menggila’ di dalam rumah, alhasil gw sering kebentur barang-barang atau tembok. Pernah kuku jempol gw somplak kena lemari, dengkul gw ngilu kena meja, tulang ekor gw sakit karna jatoh kepleset, telapak kaki kena beling karna salah nendang, tapi yang paling sering adalah kepala gw kebentur tembok atau kusen pintu bagian atas. Dari jutaan (baca: puluhan) kali kesempatan kepala gw kebentur, seinget gw ada 4 kesempatan benturan di kepala gw yang paling keras.

Salah satunya waktu gw kelas 6, waktu itu gw lagi doyan-doyannya nonton Eyeshield 21 di tv, dan di rumah gw sering maen permainan ehmm.. sebut saja ‘Jika Aku Menjadi RunningBack (salah satu posisi dalam American Football)’. Yak, RunningBack termasuk lini serang yang tugasnya bawa bola, trus lari. Kalo di Eyeshield 21 seringkali RunningBack-nya dapet bola dari operan QuarterBack. Begitulah gw maen dulu, tapi karna gw dirumah maen sendiri, ya gw yg ngoper/ngelempar dan gw yg lari-nangkep-lari lagi (menyedihkan ya masa kecil gw, ah tapi nggak juga ada saat2 gw bahagia :v), dan satu kesempatan gw ngelempar bola dan kejauhan, karna gw berjiwa RunningBack sejati gw yg dalam keadaan lari nekat nangkep bola itu (yang gw buat dari buntelan koran yg gw lakban) yang akan jatuh disudut kasur, gw lompat ke atas kasur dan yeah, gw tangkep tuh bola. Tapi... kepala gw kebentur tembok. Selama beberapa menit gw tiduran megangin kepala gw yg pusing, sudut-sudut kepala gw berdenyut, dan rasanya ada yg ngalir di dalem kepala gw, gw langsung ngusap kepala gw dari belakang ke depan ngecek, ternyata kepala gw bentuknya gak kotak.

Beberapa hari setelah itu, kepala gw udah gak berdenyut lagi, tapi masih pusing kalo buat mikir, gak tau kenapa. Meskipun begitu gw masih maksain diri buat mikir, karna waktu itu mau ulangan semester ganjil kelas 6 jadi gw harus belajar, gw gak mau kayak pas ulangan kenaikan kelas 5 sebelumnya dimana gw hampir gak naik kelas, ya pusing memang tapi tidak ada yang mengalahkan tekad. Gw pengen periksain ke dokter tapi males, takut dokter ngasih tau gw kalo ini sakit yang serius. Untungnya setelah 2 minggu pasca tubrukan hebat antara lempeng kepala gw dan formasi bata-semen-bata itu, pusing di kepala gw udah ilang. Tapi bukan itu aja yang gw syukurin, setelah itu otak gw jadi agak enceran, gw yang tadinya bocah hiperaktif idiot berubah jadi bocah-kurang-hiperaktif-yang-mendadak-seneng-baca-buku-pelajaran, lalu rank gw dikelas juga jadi lumayan.

Kejadian yang sama juga terjadi waktu awal gw masuk smp, sisa-sisa sifat hiperaktif gw membuat kepala gw kebentur keras lagi. Ada 2 perbedaan dibanding benturan sebelumnya: 1. Kalo sebelumnya sudut dalam tembok, kali ini sudut luar. 2. Kalo sebelumnya bikin otak gw tambah encer, kali ini bikin gw susah mikir (kayak kosong). Tentang perbedaan no.2 setelah gw pikir-pikir kayaknya cuma kebetulan aja karna terjadi setelah gw libur panjang pasca ujian nasional sd, dimana saat itu selama sebulan gw seharian cuma maen, tidur, nonton tv, maen gameboy, jadi otak gw down karna gak dipake.

Benturan keras terulang lagi pada gw saat akhir kelas 8 (sial amat gw ya), saat itu gw udah gak hiperaktif dan justru pendiam, tapi kurang beruntung aja dapet benturan lagi. Kali ini efeknya sama kayak waktu gw kelas 6 sd, otak gw berubah ke mode encer.

Ada satu lagi benturan yg gw alamin waktu gw masih kecil umur 7 tahunan mungkin, gw dulu sering benturin kepala gw sendiri ke tembok berulang2, gw sendiri gak tau kenapa gw dulu suka ngelakuin itu, mungkin inilah yg bikin gw idiot semasa sd. Yah, untunglah sejauh ini gw belum kena benturan lagi, karna kalo ini berupa siklus benturan gw yg berikutnya mungkin mengakibatkan gw jadi idiot lagi :|

Dari ke-4 pengalaman absurd gw ini gw sendiri sebenernya ragu apakah emang ada hubungan antara benturan dan kecerdasan atau semua yg gw alamin cuma kebetulan. Tapi satu-satunya kesimpulan paling 'greget' yg bisa gw pikir adalah seperti dibawah ini....

Berikut kesimpulan saya berdasarkan analisa pribadi tanpa diuji di ITB dan IPB :

Sel otak bersifat regeneratif seperti halnya sel tubuh lainnya (berdasarkan penelitian terbaru), dia akan memperbarui sel-sel yang rusak, ketika kepala seseorang terbentur keras mungkin ada sejumlah sel yang rusak. Gw pernah denger teori tentang sel di otot yang intinya untuk membangun otot lebih kuat anda harus merusaknya dan terus memaksanya bekerja, mungkin sakit, tapi ketika sel otot anda terbangun kembali ia akan lebih kuat. Mungkin ini juga berlaku untuk sel otak, mungkin saat sel otak dalam keadaan rusak pasca benturan dan anda memaksanya bekerja (berpikir keras) selagi sel otak meregenerasi bagian yang rusak, sehingga impuls yang dirasakan otak ketika berpikir menjadi lebih kuat dari biasanya, pada saat sel otak telah meregenerasi sempurna/udah sembuh, ia jadi terbiasa dengan impuls pikiran yang kuat. Sehingga ketika anda berpikir biasa dengan impuls rendah rasanya lebih mudah dan ketika berpikir sesuatu yang sulit rasanya biasa aja karena sel otak anda telah terbiasa mencerna impuls yg kuat.

Mungkin suatu kebetulan untuk mendapatkan momentum itu, momentum dimana sel otak anda sakit dan anda memaksanya bekerja. Tapi jika anda ingin dapat momentum itu gak perlu membenturkan kepala anda, anda hanya perlu terus memaksanya berpikir.

Jadi intinya bukan pada benturan atau rusaknya sel otak, tapi pada saat anda memaksa otak anda berpikir lebih keras, saat dimana anda membiasakan otak anda menerima impuls kuat. Seperti halnya orang normal yang jadi cerdas bukan karna kepalanya  terbentur atau dibenturkan, mereka membiasakan otak mereka berpikir keras, karna itulah mereka cerdas. Jadi kalo tetangga lu ada yg jatoh dari tangga atau kecelakaan, kepalanya kebentur, trus tiba-tiba mereka jadi cerdas, jangan sebut mereka beruntung. Gak peduli berapa IQ-nya, apa makanannya (yah, walopun faktor ini juga kadang berpengaruh). Siapapun bisa jadi cerdas kalo mau usaha, kalo mau membiasakan diri berpikir keras.

Mungkin cukup segitu dulu pendapat dari gw, kalo ada ke-‘ngaco’-an gw yang gak bisa diterima, atau ada diantara anda yang berbaik hati mau meluruskan saya, silahkan berkomentar. :)

Sekian.
Comments
4 Comments

4 comments:

Amal said...

hmm, jadi kamu Peri yang sedang hibernasi??

Unknown said...

lebih tepatnya Peri yang telah ber-evolusi :3

Amal said...

:))

Unknown said...

INDO IDIOTICGENETIC,,,NYAMPAHHHH LOE....

Post a Comment